Akibat Covid-19, pedagang lebih melek teknologi

Dampak Covid-19 atau Corona Virus saat ini sudah sangat meresahkan. Bagaimana tidak, sudah hampir 3 bulan Indonesia dilanda wabah penyakit ini yang kian hari makin berkembang, korban makin bertambah dan menyebar keselurih pelosok negeri.

Ekonomi redup, penjualan lesu, toko-toko banyak yang ditutup karena tidak ada pembeli yang datang. Hanya sebagian saja pedagang yang tidak terdampam secara langsung, bahkan bisa dikatakan sedang naik daun, yaitu pedagang bahan pokok. Ini tidak ada matinya. Malah makin dicari dan dinanti.

Bagaimana pedagang fashion..? Yah, jangan ditanya, sejak social distancing digalakkan, pasar langsung seperti berhenti beoperasi.

Tapi, sisi positifnya saat ini, banyak diantara pedagang yang jadi melek teknologi. Mereka jadi kenal dan tau bagaimana berjualan di marketplace seperti shopee, bukalapak, tokopedia, lazada dan lainnya. Mereka kian berpacu menginput barang dagangannya ke marketplace. Bahkan ada diantara mereka yang berjaya kembali setelah bergabung di marketplace. Welcome to new world. Inilah jargon yang lebih tepat buat mereka.