Ramadhan, berkah untuk semua Agama

Bulan suci ramadhan, bulan yang sangat diagungkan oleh umat Islam diseantero jagat raya ini. Gema ramadhan ini sangat berdampak kepada pertumbuhan ekonomi diberbagai negara. Di Indonesia, ramadhan diperingati oleh lebih dari 80% penduduk nya.

Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, berkah untuk semua makhluk dan berkah untuk semua agama.

Kita coba ambil contoh dipasar. Pedagang disebuah pasar besar, Tanah Abang misalnya, disana pedagang biasanya tidak hanya muslim saja, tapi aneka penganut agama ikut berjualan disana.



Setiap harinya, pedagang meraup untung yang besar dibanding dari bulan-bulan lainnya. Karena di bulan ramadhan kebutuhan akan barang (misal fashion) meningkat. Tingkat keinginan masyarakat akan berbaju baru dibulan fitri setelah ramadhan sangat lah tinggi. Hal itu menghasilkan keuntungan yang besar bagi para pedagang yang tak hanya pedagang muslim, tapi pedagang non muslim juga sangat menikmatinya.

Itulah contoh kecil berkah ramadhan untuk semua umat beragama. Dan itu juga berlaku bagi pedagang sembako dan lainnya. Semoga ramadhan kali ini adalah ramadhan terbaik kita yang ikut menjalani..aamiin.

Penampakan pada tanggal 19 Mei 2019.