[VIDEO] Tujuan Masker Bukan Untuk Gaya-Gayaan

Merebaknya virus Covid-19 atau virus Corona di belahan dunia saat ini memaksa kita untuk berdiam diri dirumah sebagaimana yang disarankan oleh orang-orang yang ahli dibidang kesehatan dan ahli dibidang keilmuan yang berhubungan dengan pengambilan kebijakan ini.
Akan tetapi, kita tentu bisa keluar rumah dengan syarat yang telah ditetapkan, diantaranya menggunakan masker bagi siapa saja yang keluar rumah.

Tentu saja hal itu membuat pedagang masker kebanjiran order. Masker yang sesuai standar kesehatan tentu sangat laris dipasaran dan banyak pedagang ataupun vendor yang menjual dengan harga yang jauh dari harga biasanya.

Melihat keadaan kelangkaan ini, pemerintah melalui berbagai dokter yang terjun dan ahli meyarankan untuk tetap menggunakan masker walau hanya masker yang dibuat sendiri dengan bahan kain atau disebut dengan masker non medis.

Beberapa tahapan disebutkan, diantaranya bahan yang bagus digunakan sebagai masker serta model masker yang dianjurkan.

https://www.instagram.com/p/B-pHR_pA2zD/

Dari postingan akun Instagram @dkiJakarta, bahan yang bagus untuk masker kain yang disebutkan bahwa masker tersebut terdiri dari 3 lapis,
Lapisan pertama dari bahan tahan air.
Lapiran kedua bahan non woven atau setara
Lapisan ketiga kain katun 100%.

Sedangkan dipasaran, beredar masker dengan beragam bahan dan bentuk. Bahkan yang laris-larisnya adalah masker yang langsung memiliki lobang untuk telinga. Bahkan masker ini ada yang sampai menjual dengan harga 150k per lusin nya.

Cara membuat maskerpun telah diajarkan di postingan tersebut, pastinya setiap kita bisa membuat sendiri masker tersebut dengan mencari bahan-bahan yang telah direkomendasikan.

Sekali lagi, masker yang bagus saat ini bukanlah yang modelnya trendy, tapi memenuhi standar kesehatan yang telah ditetapkan.

Postingan ini tidak mencari sensasi dengan menjelekan salah satu model masker, tapi hanya menjadi bahan perbandingan. Kalau sekiranya masker yang tren tersebut mempunyai standar yang telah ditetapkan tentu sangat baik digunakan, selain terlihat lebih bagus tapi juga lebih memenuhi standar.

Berikut tautan video perbandingan masker N95, Masker Sensi, Masker Kain dan Model Scuba